Secara garis besar, restoran dapat disegmentasikan ke dalam beberapa kategori:
1- Restoran rantai atau independen (indy) dan waralaba. McDonald’s, Union Square Cafe, atau KFC
2- Layanan cepat (QSR), sandwich. Burger, ayam, dan sebagainya; toko serba ada, mie, pizza
3- Cepat santai. Panera Bread, Atlanta Bread Company, Au Bon Pain, dan sebagainya
4- Keluarga. Bob Evans, Perkins, Friendly’s, Steak ‘n Shake, Waffle House
5- Santai. Applebee’s, Hard Rock Cafe, Chili’s, TGI Friday’s
6- Makan enak. Charlie Trotter’s, Morton’s dan site The Steakhouse, Flemming’s, The Palm, Four Seasons
7- Lainnya. Steakhouse, seafood, etnik, rumah makan, selebriti, dan sebagainya. Tentu saja, beberapa restoran termasuk dalam lebih dari satu kategori. Misalnya, restoran Italia bisa santai dan etnik. Konsep restoran terkemuka dalam hal penjualan telah dilacak selama bertahun-tahun oleh majalah Restoran dan
Institusi.
RANTAI ATAU INDEPENDEN
Kesan bahwa beberapa rantai layanan cepat besar benar-benar mendominasi bisnis restoran adalah menyesatkan. Rantai restoran memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dibandingkan restoran independen. Keuntungannya meliputi:
1- Pengakuan di pasar
2- Pengaruh iklan yang lebih besar
3- Pengembangan sistem yang canggih
4- Pembelian diskon
Saat waralaba, berbagai jenis bantuan tersedia. Restoran independen relatif mudah dibuka. Yang Anda butuhkan hanyalah beberapa ribu dolar, pengetahuan tentang operasi restoran, dan keinginan kuat untuk
berhasil. Keuntungan bagi pemilik restoran mandiri adalah mereka dapat ”melakukan hal sendiri” dalam hal pengembangan konsep, menu, dekorasi, dan sebagainya. Kecuali jika kebiasaan dan selera kita berubah secara drastis, ada banyak ruang untuk restoran independen di lokasi tertentu. Restoran datang dan pergi. Beberapa restoran independen akan tumbuh menjadi rantai kecil, dan perusahaan besar akan membeli rantai kecil.
Setelah rantai kecil menunjukkan pertumbuhan dan popularitas, mereka kemungkinan akan dibeli oleh perusahaan yang lebih besar atau akan dapat memperoleh pembiayaan untuk ekspansi. Godaan bagi pemilik restoran pemula adalah mengamati restoran besar di kota-kota besar dan percaya bahwa kesuksesan mereka dapat diduplikasi di kota-kota sekunder. Membaca ulasan restoran di New York City, Las Vegas, Los Angeles, Chicago, Washington, D.C., atau San Francisco mungkin memberi kesan bahwa restoran yang tidak biasa dapat direplikasi di Des Moines, Kansas City, atau Main Town, AS. Karena demografi, restoran bergaya tinggi atau etnik ini tidak akan klik di kota-kota kecil dan kecil.
5- Akan mengikuti pelatihan dari bawah ke atas dan mencakup semua area operasi restoran. Waralaba melibatkan risiko finansial paling kecil karena format restoran, termasuk desain bangunan, menu, dan rencana pemasaran, telah diuji di pasar. Restoran waralaba cenderung tidak mengalami perut buncit daripada restoran independen. Alasannya adalah bahwa konsepnya terbukti dan prosedur operasinya ditetapkan dengan semua (atau sebagian besar) kekusutan berhasil. Pelatihan disediakan, dan dukungan pemasaran dan manajemen tersedia. Peningkatan kemungkinan keberhasilan tidak datang murah, namun.
Ada biaya waralaba, biaya royalti, royalti iklan, dan persyaratan kekayaan bersih pribadi yang substansial. Bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman restoran yang substansial, waralaba mungkin merupakan cara untuk masuk ke bisnis restoran asalkan mereka siap untuk memulai dari bawah dan mengikuti kursus pelatihan kilat. Waralaba restoran adalah pengusaha yang lebih memilih untuk memiliki, mengoperasikan, mengembangkan, dan memperluas konsep bisnis yang ada melalui bentuk pengaturan bisnis kontrak yang disebut waralaba.1 Beberapa waralaba telah berakhir dengan banyak toko dan menjadi besar. Secara alami, sebagian besar calon pemilik restoran ingin melakukan hal mereka sendiri-mereka memiliki konsep dalam pikiran dan tidak sabar untuk melakukannya.
Berikut adalah contoh biaya yang terlibat dalam waralaba:
1- Restoran tradisional Miami Subs memiliki biaya $30.000, royalti 4,5 persen, dan membutuhkan setidaknya lima tahun pengalaman sebagai operator multi-unit, ekuitas pribadi/bisnis sebesar $1 juta, dan pribadi/bisnis
kekayaan bersih $5 juta.